Biografi Dani Pedrosa: Sang Samurai Kecil dari Spanyol

Daftar Tim dan Pebalap MotoGP Lengkap 2023

Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2023 bakal dimulai akhir pekan ini. Berikut daftar tim dan pebalap MotoGP 2023. 

MotoGP 2023 bakal melombakan 21 seri, lebih banyak dari musim lalu yang hanya 20 seri. 

Rangkaian jadwal MotoGP 2023 bakal diawali dengan Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada Jumat (24/3/2023) hingga Minggu (26/3/2023). 

MotoGP musim 2023 juga akan menjadi debut sesi baru yaitu Sprint Race. 

Sprint Race hanya akan mengambil setengah putaran dari balapan utama (main race). Selain itu, Sprint Race juga cuma dilombakan di kelas tertinggi alias MotoGP. 

Adapun Sprint Race bakal digelar pada Sabtu, setelah para pebalap merampungkan sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi. Posisi start pada Sprint Race akan diambil dari hasil sesi kualifikasi yang masih menggunakan format Kualifikasi 1 (Q1) dan Kualifikasi 2 (Q2). 

Berbeda dengan balapan utama di mana akan ada 15 pebalap terdepan yang berhak mendapat poin, Sprint Race hanya akan memberikan poin kepada sembilan pebalap terdepan. 

Urutan poin pada Sprint Race untuk pembalap yang fini pertama (P1) hingga posisi 9 adalah 12, 9, 7, 6, 5, 4, 3, 2, dan 1. Dengan adanya Sprint Race, pebalap yang tampil sempurna di akhir pekan bakal meraih 37 poin (25+12). 

Musim ini, kelas MotoGP diikuti oleh 11 tim dan 22 pebalap. 

Dari 11 tim tersebut, empat di antaranya bakal menggunakan motor Ducati. Ini artinya, pabrikan asal Italia itu akan menurunkan delapan pebalap. 

Sang juara dunia Francesco Bagnaia bakal didampingi Enea Bastianini di tim Ducati Lenovo. 

Sementara itu, duet Johann Zarco dan Jorge Martin bakal menjadi andalan kubu Pramac Racing. 

Dua tim tersebut akan membesut motor Desmosedici GP23. 

Adapun dua tim lain yakni Gresini Racing dan Mooney VR46 bakal memakai motor Desmosedici GP22. Gresini Racing diperkuat oleh Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez, sedangkan VR46 dibela oleh Luca Marini dan Marco Bezzechi. 

Hal menarik lainnya dari daftar tim MotoGP 2023 adalah Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan yang tidak memiliki tim satelit. 

Tim RNF yang musim lalu memakai motor Yamaha musim ini bergabung dengan Aprilia. Sementara itu, KTM tetap akan menggandeng Tech3 meski tim milik Herve Poncharal itu mendapat partner baru yakni GasGas. 

Sebagai pebalap, GasGas Factory Racing Tech3 akan mengandalkan Pol Espargaro dan satu-satunya debutan MotoGP musim ini, Augusto Fernandez. Untuk lebih jelasnya berikut adalah daftar tim dan pebalap MotoGP 2023.

Daftar Tim dan Pebalap MotoGP Lengkap 2023


Sumber:https://www.kompas.com/

Komentar