Biografi Dani Pedrosa: Sang Samurai Kecil dari Spanyol

Hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2024: Martin Juara, Bagnaia Keempat, Marquez Kelima


 

Jorge Martin yang memulai balapan dari pole position berhasil mempertahankan posisinya hingga melewati tikungan pertama. Dia diikuti oleh Brad Binder yang tepat berada di belakangnya. Sementara itu, Aleix Espargaro sempat merosot ke posisi keempat. Tapi, langsung merebut posisi ketiga dari Enea Bastianini. 

Martin Pole Position Bastianini terus merosot hingga ke posisi kelima setelah Francesco Bagnaia berhasil menyalipnya. Sementara itu, terjadi persaingan sengit antara Jack Miller dan Marc Marquez yang berada di belakang Bastianini. 

Miller kesulitan mempertahankan posisinya. Dia merosot hingga posisi kesembilan setelah disalip Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez. Memasuki lap kedua dari 12 lap, Martin dan Binder sudah membuka jarak dengan para rivalnya. Martin masih kuat mempertahankan posisinya sejak awal. 

Pada lap ketiga, Di Giannatonio yang merupakan pemenang pada MotoGP Qatar 2023 terjatuh dan gagal melanjutkan balapan.

Memasuki lap keempat, Marc berhasil mencatatkan waktu tercepat. Tapi, di depannya masih ada Bastianini dan empat pebalap lainnya. 

Pada lap kelima, Bagnaia sudah berada di posisi ketiga. Jarak antara empat pebalap terdepan sangat ketat, Martin belum bisa meninggalkan barisan di belakangnya. Bahkan, Binder menempel cukup ketat sambil terus mencari celah untuk menyalip Martin. Sementara itu, Marc berhasil menyalip Bastianini dan mengamankan posisi kelima pada lap keenam. 

Pada lap berikutnya, Marc juga berhasil melewati Aleix melalui slipstream pada trek lurus Sirkuit Losail yang cukup panjang. Pebalap Gresini Racing tersebut selanjutnya tinggal mengejar Bagnaia, Binder, dan Martin, yang berada di depannya. Namun, jarak antara Martin dengan Binder sudah cukup jauh, Martin unggul 0,5 detik. Jarak antara Binder dengan Bagnaia hanya 0,3 detik. Memasuki lap kedelapan, Marc sempat melebar dan momen tersebut dimanfaatkan Aleix untuk menyalip. Marc pun kembali merosot ke posisi kelima. 

Pada lap kesepuluh, Aleix sempat menyalip Bagnaia. Tapi, juara dunia MotoGP 2022 dan 2023 tersebut berhasil kembali mengamankan posisi ketiga. Sayangnya, jelang lap terakhir, Aleix kembali melancarkan serangan dan berhasil menyalip Bagnaia. Sementara itu, Martin tidak tersentuh sejak awal balapan hingga finis. 

Binder finis di posisi kedua dan Aleix akhirnya menempati tempat ketiga. Bagnaia harus puas finis di posisi keempat, diikuti oleh Marc pada posisi kelima. 

Hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2024: 

1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24) 

2 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) 

3 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24) 

4 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24) 

5 Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23) 

6 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24) 

7 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23) 

8 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16) 

9 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24) 

10 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16) 

11 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23) 

12 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) 

13 Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24) 

14 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23) 

15 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V) 

16 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V) 

17 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 

18 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16) 

19 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 

20 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24) 

21 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)


Komentar